Membuat Landing Page yang Menghasilkan Leads

By: Syauqi Alfalasany | 23 Oct 2021 - 00:15 WIB
Membuat Landing Page yang Menghasilkan Leads image
Landing page sangat penting dalam proses optimasi campaign digital. Jika diibaratkan dengan proses belanja konvensional, landing page merupakan bagian depan dari toko Anda. Halaman tersebut yang akan pertama kali dilihat oleh pengunjung, hingga nanti mereka berlanjut menjadi customer.

Tidak ada formula yang akurat 100% dalam pembuatan landing page yang optimal. Namun ada beberapa strategi yang umum digunakan untuk meningkatkan potensi konversi dari pengunjung landing page Anda.

Strategi #1: Penjelasan tentang USP Produk
Ketika audiens mengunjungi website Anda, mereka ingin tahu tentang Anda dan produk yang Anda miliki, dan ingin mendapatkan semua informasi tersebut secara cepat. Hal ini berarti sangatlah penting untuk membangun landing page yang bisa menjelaskan keunggulan spesifik yang dimiliki produk Anda secara ringkas.

Strategi #2: Promo Spesial
Salah satu cara terbaik untuk menghasilkan leads pada landing page adalah dengan memberikan promo spesial. Promo ini bisa berupa apa saja, asalkan sesuai dengan kebutuhan audiens Anda; seperti potongan biaya pendaftaran, diskon pembelian produk, atau lainnya.

Namun promo tersebut tidak serta merta diberikan begitu saja. Anda hanya akan berikan setelah audiens mengisi beberapa kolom informasi yang nantinya akan menjadi database untuk dikonversi menjadi customer.

Strategi #3: Pendaftaran Newsletter
Pada saat pengisian informasi seperti yang dijelaskan sebelumnya, Anda bisa menambahkan opsi bagi audiens untuk pendaftaran newsletter. Newsletter menjadi salah satu cara untuk mengingatkan audiens tentang keberadaaan brand Anda, atau bahkan menginformasikan perkembangan terbaru terkait produk yang Anda miliki.

Anda juga tidak perlu khawatir jika hal ini dianggap spamming, karena audiens pun dapat memilih untuk berhenti berlangganan newsletter. Justru hal tersebut akan memudahkan Anda dalam mengelompokkan audiens yang potensial untuk menjadi customer.

Strategi #4: Tawarkan “Tips & Tricks”
Sesuai dengan penjelasan di awal, audiens berkunjung ke website Anda karena ingin mendapatkan informasi, bisa jadi informasi umum atau informasi spesifik terkait produk Anda. Tentu saja audiens akan sangat senang jika ditawarkan tips atau trik seputar hal yang sedang mereka cari.

Hal ini juga akan secara tidak langsung membangun kepercayaan audiens bahwa Anda memiliki kapabilitas di bidang tersebut. Dan meyakinkan audiens bahwa produk Anda dapat menjadi jawaban atas kebutuhan mereka.

Strategi #5: Tampilkan Informasi Kontak
Terakhir, jika Anda ingin menghasilkan leads di landing page, informasi kontak Anda harus terlihat. “Informasi kontak” mengacu pada nama perusahaan Anda, nomor telepon, alamat, dan alamat email umum. Anda bahkan dapat meninggalkan alamat email khusus untuk staf penjualan, jika Anda ingin mengonversikan audiens menjadi customer dengan lebih cepat.

Informasi kontak ini juga akan dibaca oleh Google. Sehingga ketika audiens mencari brand Anda dan menanyakan nomor telepon di search engine, Google akan menampilkan informasi kontak yang sudah Anda set di dalam landing page.

RELATED ARTICLES

WHAT'S HAPPENING